Daftar Pahlawan Nasional 2017

Indonesia adalah negara yang memiliki sejarah panjang dan banyak orang yang telah memberikan jasa besar kepada bangsa ini. Setiap tahun diadakan penghargaan kepada orang-orang yang berjasa bagi Tanah Air, yaitu Penghargaan Pahlawan Nasional. Pada tahun 2017, ada tujuh orang yang telah dianugerahi penghargaan ini.

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara, lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Beliau adalah seorang guru, aktivis pendidikan, dan penulis yang berjasa dalam dunia pendidikan di Indonesia. Beliau adalah pendiri Taman Siswa, sebuah organisasi yang menyebarkan pendidikan non-formal di seluruh Indonesia. Pada tahun 2017, Ki Hajar Dewantara dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional dan mendapatkan penghargaan tertinggi dari Presiden Indonesia.

I Gusti Ngurah Rai

I Gusti Ngurah Rai lahir pada tanggal 11 November 1917 di Kuta, Bali. Beliau adalah seorang prajurit Angkatan Darat Republik Indonesia yang berperang melawan pasukan Belanda pada Perang Kemerdekaan. Beliau dikenal sebagai salah satu pahlawan perang yang paling berjasa bagi Tanah Air. Pada tahun 2017, I Gusti Ngurah Rai dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Liem Koen Hian

Liem Koen Hian lahir pada tanggal 14 November 1881 di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Beliau adalah seorang aktivis kemerdekaan yang berjuang untuk memerdekakan Indonesia dari Belanda. Beliau menjadi salah satu tokoh utama dalam Perang Kemerdekaan. Pada tahun 2017, Liem Koen Hian dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Ki Bagus Hadikusumo

Ki Bagus Hadikusumo lahir pada tanggal 1 Agustus 1920 di Yogyakarta. Beliau adalah seorang anggota Tentara Nasional Indonesia yang bertugas sebagai komandan pasukan ketika Indonesia berperang melawan Belanda pada Perang Kemerdekaan. Pada tahun 2017, Ki Bagus Hadikusumo dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Mohammad Husni Thamrin

Mohammad Husni Thamrin lahir pada tanggal 4 Juli 1886 di Semarang, Jawa Tengah. Beliau adalah seorang aktivis kemerdekaan yang berjuang untuk memerdekakan Indonesia dari Belanda. Beliau menjadi salah satu tokoh utama dalam Perang Kemerdekaan. Pada tahun 2017, Mohammad Husni Thamrin dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

R.A.A. Soemanto

R.A.A. Soemanto lahir pada tanggal 5 Maret 1917 di Yogyakarta. Beliau adalah seorang anggota Tentara Nasional Indonesia yang bertugas sebagai komandan pasukan ketika Indonesia berperang melawan Belanda pada Perang Kemerdekaan. Pada tahun 2017, R.A.A. Soemanto dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Ki Ageng Suryomentaram

Ki Ageng Suryomentaram lahir pada tanggal 15 Oktober 1874 di Banyumas, Jawa Tengah. Beliau adalah seorang aktivis kemerdekaan yang berjuang untuk memerdekakan Indonesia dari Belanda. Beliau menjadi salah satu tokoh utama dalam Perang Kemerdekaan. Pada tahun 2017, Ki Ageng Suryomentaram dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Ki Gede Mangku Suro

Ki Gede Mangku Suro lahir pada tanggal 10 April 1879 di Lampung, Sumatera Selatan. Beliau adalah seorang aktivis kemerdekaan yang berjuang untuk memerdekakan Indonesia dari Belanda. Beliau menjadi salah satu tokoh utama dalam Perang Kemerdekaan. Pada tahun 2017, Ki Gede Mangku Suro dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Kesimpulan

Pada tahun 2017, tujuh orang telah dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. Mereka adalah Ki Hajar Dewantara, I Gusti Ngurah Rai, Liem Koen Hian, Ki Bagus Hadikusumo, Mohammad Husni Thamrin, R.A.A. Soemanto, Ki Ageng Suryomentaram, dan Ki Gede Mangku Suro. Mereka telah mempersembahkan jasa besar kepada bangsa ini dan layak mendapatkan penghargaan tertinggi sebagai Pahlawan Nasional.