Kenali Pahlawan yang Ada di Uang 20000

Uang 20000 sebagai salah satu jenis uang kertas Indonesia memiliki beberapa pahlawan yang tercetak di bagian depannya. Pahlawan-pahlawan ini adalah tokoh-tokoh penting yang telah berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Uang 20000 yang dicetak telah mengabadikan tokoh-tokoh pahlawan ini sebagai salah satu bentuk penghargaan. Berikut adalah tokoh-tokoh pahlawan yang tercetak di uang 20000.

Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini adalah tokoh pahlawan nasional Indonesia yang dikenal dengan perjuangannya dalam menyuarakan hak perempuan dalam masyarakat Jawa. Dia lahir pada tanggal 21 April 1879 di sebuah desa bernama Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Kartini banyak membuat surat-surat untuk berbagai tokoh penting di masanya. Selain itu, Kartini juga berjuang untuk memperjuangkan pendidikan bagi perempuan dan menentang budaya purdah yang berlaku pada masanya. Kartini meninggal pada tanggal 17 September 1904. Dia dimakamkan di Keboen Roek, Jepara.

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta adalah tokoh pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perjuangannya untuk memerdekakan Indonesia. Dia lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Sumatera Barat. Hatta merupakan salah satu tokoh penting yang terlibat dalam proses kemerdekaan Indonesia. Dia bersama dengan Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Selain itu, Hatta juga menjadi wakil presiden pertama Indonesia. Hatta meninggal pada tanggal 14 Maret 1980 dan dimakamkan di kompleks makam pahlawan nasional, Blitar.

Sutomo

Sutomo adalah tokoh pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perjuangannya untuk memerdekakan Surabaya. Dia lahir pada tanggal 4 April 1908 di Surabaya, Jawa Timur. Sutomo merupakan tokoh penting yang terlibat dalam perang Surabaya. Ia bersama dengan jenderal Sudirman memimpin perang Surabaya yang berlangsung pada tanggal 10 November 1945. Selain itu, Sutomo juga menjadi salah satu tokoh penting yang terlibat dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sutomo meninggal pada tanggal 28 Agustus 1981 dan dimakamkan di kompleks makam pahlawan nasional, Surabaya.

Sutardji Calzoum Bachri

Sutardji Calzoum Bachri adalah tokoh pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perjuangannya untuk memerdekakan Indonesia. Dia lahir pada tanggal 5 Desember 1906 di Ciamis, Jawa Barat. Sutardji Calzoum Bachri adalah tokoh penting yang terlibat dalam proses kemerdekaan Indonesia. Dia juga merupakan salah satu tokoh yang terlibat dalam penandatanganan piagam Jakarta. Selain itu, Sutardji Calzoum Bachri juga merupakan salah satu tokoh yang terlibat dalam berbagai perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Sutardji Calzoum Bachri meninggal pada tanggal 7 Juli 1990 dan dimakamkan di kompleks makam pahlawan nasional, Ciamis.

Dr. Soetomo

Dr. Soetomo adalah tokoh pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perjuangannya untuk menyebarkan semangat nasionalisme di Indonesia. Dia lahir pada tanggal 3 Januari 1882 di Surabaya, Jawa Timur. Dr. Soetomo adalah tokoh penting yang terlibat dalam berbagai perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Dia juga merupakan salah satu pendiri Budi Utomo, yaitu sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1908. Selain itu, Dr. Soetomo juga terlibat dalam berbagai organisasi dan gerakan kemerdekaan lainnya. Dr. Soetomo meninggal pada tanggal 14 Februari 1938 dan dimakamkan di kompleks makam pahlawan nasional, Surabaya.

Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara adalah tokoh pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perjuangannya untuk memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Dia lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta, Jawa Tengah. Ki Hadjar Dewantara adalah tokoh penting yang terlibat dalam berbagai perjuangan pendidikan di Indonesia. Dia juga merupakan pendiri Taman Siswa, yaitu sebuah organisasi pendidikan yang didirikan pada tahun 1912. Selain itu, Ki Hadjar Dewantara juga terlibat dalam berbagai organisasi kemanusiaan lainnya. Ki Hadjar Dewantara meninggal pada tanggal 4 April 1959 dan dimakamkan di kompleks makam pahlawan nasional, Yogyakarta.

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara adalah tokoh pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perjuangannya untuk memperjuangkan hak-hak anak di Indonesia. Dia lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta, Jawa Tengah. Ki Hajar Dewantara adalah tokoh penting yang terlibat dalam berbagai perjuangan hak-hak anak di Indonesia. Dia juga merupakan pendiri Yayasan Kemanusiaan Indonesia, yaitu sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1945. Selain itu, Ki Hajar Dewantara juga terlibat dalam berbagai organisasi dan gerakan sosial lainnya. Ki Hajar Dewantara meninggal pada tanggal 4 April 1959 dan dimakamkan di kompleks makam pahlawan nasional, Yogyakarta.

Drs. Moh. Yamin

Drs. Moh. Yamin adalah tokoh pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perjuangannya untuk memperjuangkan hak-hak rakyat di Indonesia. Dia lahir pada tanggal 9 April 1909 di Padang, Sumatera Barat. Drs. Moh. Yamin adalah tokoh penting yang terlibat dalam berbagai perjuangan hak-hak rakyat di Indonesia. Dia juga merupakan pendiri Partai Murba, yaitu sebuah partai politik yang didirikan pada tahun 1945. Selain itu, Drs. Moh. Yamin juga terlibat dalam berbagai organisasi dan gerakan politik lainnya. Drs. Moh. Yamin meninggal pada tanggal 14 Februari 1978 dan dimakamkan di kompleks makam pahlawan nasional, Padang.

Kesimpulan